selamat datang

Budaya, Fisik, Sosial, Inspiratif & Inovatif

Jumat, 11 Maret 2011

kesehatan

 MANFAAT AIR EMBUN LENGKUAS

(lengkuas)

               Lengkuas dengan bahasa latin (Alpinia galanga, Linn) merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi dan dataran rendah.  
Batangnya terdiri dari susunan pelepah daun. Daunnya bulat panjang dimana daun bagian bawah terdiri dari pelepah-pelepah saja sedang bagian atas lengkap dengan helaian daun. Bunganya muncul pada ujung tumbuhan
            Lengkuas atau laos ada yang berimpang putih, ada pula yang berimpang merah. Yang merah ukurannya lebih besar dan khasiatnya untuk obat Iebih banyak.
Tanaman ini memiliki batang semu seperti jahe, tapi tingginya bisa sampai 2 m. Daunnya pun lebih melebar. Lengkuas yang subur panjang daunnya bisa setengah meter dan lebarnya 15 cm.
              Dalam kehidupan tradisional banyak tumbuh-tumbuhan yang mengandung manfaat untuk kesehatan,dan salah satunya adalah tanaman lengkuas,ini bukan hasil sebuah penelitian ilmiah namun ini adalah sebuah hasil pengalaman dari masyarakat yang telah menggunakan manfaat tumbuhan ini,air yang diserap dari tumbuhan ini memiliki manfaat untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti : panas tinggi (demam),batuk,dll.dan saya sendiri telah merasakn manfaat dari tuumbuhan ini.
              cara mengambil manfaat tumbuhan ini adalah dengan cara sbb :
  1. .potong batang pohon lengkuas bagian atas sedikit di bawah tangkai daun.
  2. masukan sisa potongan batang pohon lengkuas yang masih hidup itu kedalam botol
  3. ikat dengan menggunakan tali,jangan sampai botol tumpah
  4. biarkan hingga satu malam .
lakukan hal ini pada sore hari agar pada pagi harinya air serapan embun tersebut dapat di konsumsi,dan minum langsung pada pagi hari secara berturut-turut.

MANFAAT LAINNYA :

      
Kandungan dan Manfaat umbi Lengkuas:
Mengandung minyak atsiri antara lain : galangol, galangin, alpinen, kamfer, methyl-cinnamate. Lengkuas berkhasiat anti jamur, anti bakteri, menghangatkan, membersihkan darah, menambah nafsu makan, mempermudah pengeluaran angin dari dalam tubuh, mengencerkan dahak, mengharumkan, merangsang otot dan konon berkhasiat aprodisiak.
Beberapa Khasiat dari Lengkuas dapat dimanfaatkan sebagai penyembuh penyakit, 



1 komentar: